-->

Cara Diet Sehat dan Mudah dengan Aneka Bahan Alami

Siapa yang tak ingin mendapatkan tubuh dengan bobot yang ideal? Memilikki penampilan yang menarik dan tetap sehat tentu jadi keinginan setiap orang bukan? Meski banyak orang yang mengidamkan tubuh sehat dan langsing, sayangnya untuk bisa mewujudkannya bukanlah perkara mudah.

Banyak orang perlu perjuangan ekstra untuk mendapatkannya. Sebagian sukses, sebagian lagi gagal dan memilih pasrah menikmati tubuh suburnya. Ya, diet memang sering dianggap sebagai perkara sulit. Apalagi, kalau tubuh sudah terlanjur melar. 


Bahkan ekstrimnya, ada pula yang terpaksa menjalankan tata cara diet yang sampai menyiksa diri. Alhasil, bukannya menikmati hidup sehat, bugar dan langsing, justru rasa tak nyaman dan sakit yang diperoleh.

Padahal, ada juga loh cara diet sehat dan mudah yang bisa dilakukan. Diet tanpa ribet tentu bisa jadi pilihan yang lebih menyenangkan. Ingat, diet bukanlah suatu pola hidup yang menyiksa. Ada banyak cara diet sehat dan mudah yang bisa Anda lakukan dengan aneka bahan alami plus menerapkan gaya hidup sehat.

Selain olahraga secara rutin, ada beberapa bahan alami yang dipercaya ampuh untuk menyukseskan program diet sehat Anda. Apa saja? Ini dia beberapa bahan alami yang siap membantu Anda menjalankan diet sehat dan mudah yang direkomendasikan oleh Prof Dr Mangestuti Agil dalam Majalah Nyata.

1) Diet dengan Teh Hijau

Teh hijau memang terkenal ampuh dalam menurunkan berat badan. Tapi, untuk bisa mendapatkan manfaat langsing dan sehat dari teh hijau, Anda harus mengkonsumsinya dengan tepat. Sebab, efek teh hijau dalam proses penurunan berat badan sebenarnya tidak terlalu kuat.

Cara kerja teh hijau dalam program diet ini pada dasarnya hanya untuk membantu peningkatan pembakaran dan penyerapan lemak. Jadi, Anda tetap harus mengimbanginya dengan olahraga teratur, serta menjaga pola makan tetap sehat.

Anda bisa mengkonsumsi teh hijau setiap hari secara teratur. Tapi, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Selama diminum dalam takaran wajar, teh hijau diyakini tidak memiliki efek samping.

Hanya saja, bagi Anda yang sudah terkena penyakit berat yang mengharuskan meminum obat rutin, Anda perlu lebih waspada. Sebab, ada kemungkinan terjadi reaksi obat degnan kandungan tanaman, seperti teh hijau.

2) Diet dengan Bawang Putih

Bawang putih memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Selain bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, bawang putih juga dipercaya mampu mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Meski baunya kurang sedap, tapi tak ada salahnya untuk mencoba. Anda bisa menelan langsung bawang putih dalam takaran wajar, atau menambahkan ekstra bawang putih dalam setiap masakan yang dikonsumsi.

3) Diet dengan Buah Apel

Buah memang sering jadi pilihan camilan untuk mereka yang sedang menjalani diet. Diet seat dan mudah dengan buah apel pun bisa jadi pilihan yang menarik buat Anda. Apel memiliki kandungan serat yang tinggi, serta mampu membantu mencukupi kebutuhan vitamin harian Anda.

Apel pun memiliki kandungan pectin yang berperan dalam membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian Anda bisa mengatur kadar gukla darah dan penyerapan karbohidrat dengan lebih baik.

Nikmatilah buah apel sebagai camilan. Cuci bersih kulitnya, potong kecil, lalu nikmati bersama dengan kulitnya. 

4) Diet dengan Jahe dan Lemon

Jahe adalah salah satu rempah yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Kabar baiknya, Anda juga bisa memanfaatkan jahe untuk membantu program diet Anda. Hal ini lantaran jahe dapat berperan dalam memperbaiki fungsi pencernaan serta dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Agar lebih ampuh lagi, jahe bisa dikombinasikan dengan lemon. Kombinasi jahe dan lemon sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Caranya pun mudah saja. Anda hanya perlu membuat minuman jahe dengan menuangkan air mendidih dalam gelas berisi sepotong jahe segar berukuran sekitar satu jari telunjuk dewasa.

Biarkan cangkit tertutup rapat sekitar 5 menit. Kemudian, tambahkan air perasan dari satu buah jeruk lemon. Minuman diet sehat ini bisa Anda nikmati saat pagi hari sebelum sarapan. Tapi, khusus bagi Anda yang memiliki masalah maag, Anda tetap perlu mengisi perut terlebih dahulu.

Selain diminum, jahe dan lemon juga bisa dinikmati sebagai salad dressing. Membuatnya pun cukup mudah. Parut satu genggam jahe segar lalu peras. Tambahkan dengan air perasan dari satu buah lemon. Tuang ke atas campuran sayuran salad. 

5) Diet dengan Kombinasi Sayur dan Buah

Aneka sayur dan buah memang akrab sebagai makanan utama saat diet. Selain menyehatkan, sayur dan buah juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Buah -buahan seperti apel, semangka, tomat, mentimukn, seledri dan alpukat memiliki manfaat yang baik dalam menurunkan berat badan.

Buah alpukat dan apel juga kaya akan serat sehingga dapat membuat perat merasa kenyang lebih lama. Tapi, lebih konsumsi pada kondisi segar dan tanpa campuran susu atau gula berlebihan karena efek positifnya bisa berkurang, bahkan hilang.

Pilihan lain, buah dan sayur ini juga bisa dicampur dan dinikmati sebagai masakkan salad yang lezat dan menyehatkan.

Ow ya, satu lagi tips untuk cara diet sehat dan mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan terus menerapkan pola makan sehat. Stop makan junk food atau pun soft drink dan juga daging merah. Aneka makanan yang terbuat dari campuran tepung, lemak, garam berlebih, juga nasi putih juga perlu untuk dibatasi. 


Dukung program diet sehat Anda dengan olahraga teratur. Anda bisa mencoba lompat tali mulai dari hitungan yang sedikit dan terus ditambah semakin hari. Lengkapi pula dengan konsumsi air putih 2 liter setiap hari. Mudah bukan? Selamat mencoba dan salam BukuSehat.

Share

LATEST ARTICLES