-->

Ini 5 Diet Penurun Berat Badan Paling Populer, Sudah Tahu?

Kita mungkin amat sering mendengar kata ‘diet’ bukan? Kata ini sepertinya jadi jimat tersendiri bagi kaum hawa. Tapi, sudah tahukah kamu apa itu diet? Diet menurut Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, seorang ahli gizi, praktisi gizi klinik, Kebugaran dan Olahraga ini, Diet adalah mengatur makanan. Udah itu aja sih pengertian Diet menurut Rita yang dituliskan dalam Majalah Nova.

Yap. Pengertian diet sebetulnya mudah saja. Diet adalah mengatur makanan. Jadi, diet ini bukan berarti mengurangi atau membatasi makanan ya. Banyak orang yang menyalahartikan diet sebagai suatu upaya untuk mengurangi asupan makanan yang masuk ke tubuhnya.

Padahal, diet tak hanya sekedar mengurangi asupan makanan. Lebih dari itu, diet harus dilakukan dengan cerdas agar makanan yang kita konsumsi dapat terkontrol dengan baik. Termasuk dari segi jumlah, zat gizi, dan waktunya.


Diet ini jenisnya bermacam –macam loh. Ada berbagai macam pola diet yang bisa diterapkan. Pola diet yang dimaksud adalah sebuah panduan utama tentang cara kita untuk mengkonsumsi makanan, untuk mencapai tujuan tertentu.

Diet yang paling tren sih adalah diet penurunan berat badan. Namun sayang, tidak semua diet ini sesuai dengan kaidah gizi seimbang. Kenyataannya, banyak diet yang justru mengakibatkan seseorang akan mengalami defisiensi zat gizi tertentu. Biasanya, hal ini disebabkan oleh program diet penurunan berat badan.

Padahal, sebetulnya, prinsip utama diet penurunan berat badan adalah rendah energi dan gizi seimbang. Jadi, walau pun rendah kalori, tapi kaidah gizi seimbang tetap harus diperhitungkan agar tidak berdampak negatif pada tubuh. Selain itu, Menurut Rita Ramayulis, Diet juga harus mudah dilaksanakan sekaligus bisa dilakukan sepanjang kehidupan.

Satu hal lagi yang perlu diingat, diet untuk setiap orang itu tidak selalu sama. Jadi, diet yang tepat untuk seseorang, belum tentu tepat untuk kamu ya. Jadi, kalau kamu melihat orang lain yang sukses dengan suatu diet tertentu, jangan lantas terburu –buru untuk mengikutinya. Mungkin saja, diet tersebut tidak cocok buat kamu.

Diet ini terkadang memang menular seperti fashion, alias ada trennya. Ketika ada satu jenis diet yang lagi populer, ehh, orang- orang akan berbondong –bondong mencoba tren diet tersebut, bahkan tanpa pikir panjang. Hmm, gawat juga sih kalau ternyata diet yang lagi tren itu ternyata tidak cocok dan malah berakibat negatif.


5 diet penurun berat badan paling populer

Ow ya, buat kamu yang mungkin juga lagi bingung memilih program diet yang paling tepat buat kamu, berikut ada beberapa tren diet populer di Indonesia. Yang ini adalah diet penurun berat badan ya.

1. Diet OCD
Ini nih diet yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier. Diet ini menggunakan prinsip jendela makanan. Jadi, hanya pada jam –jam di jendela makan itulah, kamu boleh makan banyak hal.

2. Diet Mayo
Diet mayo ini mempunyai prinsip dengan meniagakan konsumsi garam dalam waktu tertentu. Yap, konsumsi garam berlebih kabarnya memang mempunyai efek negatif pada tubuh dan berat badan.

3. Diet REST
Diet REST ini adalah diet yang berprinsip pada densitas energi makanan, kombinasi gizi, frekuensi makan dan emosional eating. Hmm, cukup rumit juga ya?

4. Diet Food Combining
Nah, diet ini punya prinsip jam makan yang didasarkan pada siklus pencernaan dan keseimbangan asam basa tubuh. Baca lebih lanjut pada artikel Ajaibnya Diet Food Combining.

5. Diet Golongan Darah
Diet golongan darah ini adalah diet yang mempunyai prinsip reaksi kmia yang terjadi antara makanan yang dikonsumsi dengan darah.

Walau pun diet ini sudah populer, tapi bukan berarti setiap diet ini bisa cocok untuk kamu lakukan loh ya. Sebelum menjalankan sebuah diet, ada baiknya kamu melakukan analisa kondisi tubuh serta berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Ingat, diet yang dilakukan dengan tidak tepat bisa berakibat fatal loh. Bahkan, bisa mengakibatkan kematian. Hmm, jangan sampai ya. Buat apa kurusan kalau akhirnya sakit dan bahkan meninggal.

Share

LATEST ARTICLES