-->

Kenali Manfaat Oat dan Melangkah Sehat dengan Diet Oat

Sehat memang begitu berharga. Tak ayal, banyak orang yang rela mengupayakan berbagai cara, usaha dan harta demi menikmati hidup yang sehat. Jika Anda juga termasuk orang yang peduli dengan kesehatan diri dan keluarga, oat mungkin bisa jadi pilihan Anda untuk menikmati hidup sehat.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, oat memang bukan bahan makanan yang terbilang familiar. Hal ini wajar saja mengingat oat bukan berasal dari tumbuhan yang biasa hidup di Indonesia. Meski bukan tumbuhan asli Indonesia, tapi tak ada salahnya kalau kita menjajal hidup sehat dengan oat yang memang kaya manfaat.


Apa itu oat?

Bagi Anda yang belum tahu apa itu oat, ini penjelasan singkatnya. Oat adalah kelompok biji-bijian yang berasal dari tanaman bernama latin Avena Sativa. Kini, biji oat sudah banyak diolah secara modern sehingga Anda pun bisa lebih mudah mengolahnya menjadi makanan.

Apa manfaat oat bagi kesehatan?

Manfaat oat bagi kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi. Nutrisi oat sangat baik untuk tubuh karena mengandung beragam protein berkualitas tinggi, vitamin dan juga mineral dengan jumlah yang melimpah.

Manfaat oat bagi kesehatan tubuh yang dinilai begitu besar ini lantaran ada kandugnan lemak jenuh dan asam lemak omega 3 serta omega 6 yang tinggi. Tak hanya itu, oat juga mengandung vitamin A, C, D, E, K, B6, B12, folat, niacin, tiamin, riboflavin, asam pantotenat, mineral kalsium, kalium, natrium, fosfor, magnesium, zat besi, tembaga, mangan, selenium, fluor, dan zinc. 

Wow! Sungguh kaya bukan kandungan nutrisi oat ini? Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa oat juga merupakan satu -satunya biji -bijian dengan kandungan protein yang kualitasnya menyerupai protein kedelai.

WHO (World Health Organization) pun menetapkan bahwa protein oat setara dengan protein susu, daging dan telur. Menarik bukan? Anda mulai tertarik untuk melangkah sehat dengan diet oat?

Lebih lanjut, Prof Dr Mangestuti Agil menulis dalam Majalan Nyata mengenai manfaat oat yang begitu besar bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Oat untuk Penyakit Jantung

Di dalam oat, terdapat kandungan serat beta glukan. Nah, beta glukan inilah yang diyakini punya manfaat besar bagi kesehatan. Oat mengandung beragam jenis beta glukan sehingga mampu memberikan efek positif dalam penurunan kadar gula dan respon insulin yang mengatur kadar gula darah.

Selain itu, beta glukan membantu transportasi asam empedu untuk disalurkan menuju bagian bawahsaluran usus, tempat pengeluaran asam empedu yang tinggi. Karena hal inilah, maka oat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol serum. Artinya, oat sangat baik bagi para penderita penyakit jantung.

Bahkan, Badan Pengawasan Pangan dan Obat Amerika Serikat juga mengakui besarnya khasiat beta glukan dalam oat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Oat untuk Penderita Diabetes

Manfaat oat pun bisa dirasakan oleh para penderita diabetes. Diet oat bisa jadi pilihan yang tepat untuk membantu mengontrol kadar gula dan lemak di dalam tubuh agar selalu terkendali.

Bagi para penderita diabetes, Anda bisa menjalankan diet oat dengan mamanfaatkan makanan sereal yang mendandung serat larut beta glukan ini dan mencampurkannya bersama makanan.

Dengan cara mencampurkan oat dengan makanan ini, maka kekentalan makanan saat makanan mencapai usus kecil akan meningkat. Di usus kecil inilah terjadi penyerapan nutrisi. Jika makanan di usus kecil memiliki kekentalan tinggi, maka proses penyerapan akan jadi lebih lambat. Dengan demikian, kadar gula darah akan ikut menurun.

Diet Sehat dengan Oatmeal

Oatmeal lebih sering dikenal sebagai havermout. Nah, havermout ini bisa jadi sumber karbohidrat serat yang hebat untuk Anda. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks termasuk serat yang sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan.

Anda tentu pernah mendengar bahwa serat sangat baik untuk kesehatan tubuh karena bisa membantu menjaga kinerja usus dan saluran cerna. Di dalam havermout, serat yang ada juga terbukti mampu membantu mengatur dan mengontrol kadar kolesterol dan gula di dalam darah. 

Yang menarik dari diet oat ini adalah kemampuan serat dari havermout dalam menarik air. Karenanya, ketika Anda menikmati havermout, maka ia akan mengembang di dalam saluran cerna. Hasilnya, Anda bisa merasa kenyang lebih lama. 

Ow ya, ada tips tambahan agar diet oat Anda sukses dan mendapatkan manfaat oat secara maksimal. Nikmatilah bubur harvermout sebagai sarapan pagi dan hindari makanan lain sampai waktu makan siang tiba. 

Cara ini sangat efektif untuk membantu menjaga kadar kolesterol darah, kadar gula darah dan bahkan untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal. 

Lalu untuk makan siang, pastikan Anda bisa memenuhi semua nutrisi pada menu makanan. Kemudian, stop lagi semua makanan lain sampai tiba saat makan malam. 

Di malam hari, upayakan untuk tidak makan nasi. Jika pun terpaksa makan nasi, pastikan takaran nasi yang Anda konsumsi paling banyak empat sendok. Jadi, sudah paham mengenai manfaat oat dan bagaimana menikmati hidup sehat dengan diet oat? 

Share

LATEST ARTICLES