-->

Segudang Manfaat Susu untuk Anak

Memangnya minum susu itu penting gak sih untuk anak? Mungkin banyak ya diantara Bunda yang berfikir dimikian. Kalau untuk anak bayi sih susu memang sangat penting. Tapi, kalau anak sudah mulai tumbuh besar dan sudah bisa berlari – larian sendiri, terkadang ada anak yang menolak minum susu dengan berbagai alasan.

Sebaliknya, ada juga anak yang sudah menjadikan minum susu bagi rutinitas sehari – hari. Bagi masyarakat kebanyakan, memaksa anak minum susu sepertinya memang sudah jadi kebiasaan. Setiap pagi hari atau sebelum tidur, minum susu jadi suatu kewajiban tersendiri.

Segudang Manfaat Susu untuk Anak

Manfaat susu

Nah, kalau ingin memaksa anak minum susu, tentu Bunda tahu donk apa manfaat susu untuk anak? Susu memang punya segudang manfaat loh. Mau tahu manfaat susu untuk anak? Ini dia manfaat susu yang dipaparkan oleh ahli gizi dari RSIA Hermina Bogor, Anita Pratiwi, Amd Gizi yang dituliskan dalam Majalan Nova.

Menjaga badan tetap sehat, aktif dan bugar
Susu punya khasiat dalam menjaga produktivitas loh. Ini karena di dalam susu, terdapat kandungan karbohidrat yang dapat memberikan energi optimal. Selain itu, ada juga kandungan fosfor yang berperan penting dalam membantu menyimpan dan mengeluarkan energi.

Tulang dan gigi jadi lebih sehat
Betul loh. Ternyata, susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi. jadi, sngat baik untuk kesehatan tulang, gigi dan bahkan kuku serta rambut. Bagi anak -  anak yang sedang dalam masa pertumbuhan khan lebih penting lagi ya.

Apalagi, kandungan susu yang berupa fosfor, magnesium, vitamin, karbohidrat, protein, mineral, dan lemak, sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Bagi orang tua pun, susu juga penting untuk mencegah terjadinya osteoporosis, membuat tidur lebih nyenyak, serta menetralisir racun dalam tubuh.

Mendukung pertumbuhan otak
Nah, ini nih yang penting, manfaat susu untuk anak juga bisa mendukung pertumbuhan otak. Otak seseorang membutuhkan gii untuk berkembang. Nah, susu ini dapat memenuhi kebutuhan AHA, DHA dan LA yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan otak sehingga anak pun bisa tumbuh dengan cerdas.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Sering dengar khan kalau pertahanan tubuh anak masih terbilang rentan. Nah, dengan minum susu, terdapat kandungan zinc yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Alhasil, imunitas tubuh pun bisa lebih meningkat.

Selain itu, susu juga mengandung protein yang berfungsi untuk membantu proses penyembuhan loh. Ada juga unsur yang berperan dalam meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh serta sekaligus mengurangi jumlah bakteri jahat.


Mencegah kerusakan sel tubuh
Di dalam susu, terdapat kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang sangat baik untuk menghindarkan kita dari kerusakan sel – sel tubuh. Ada Juga kandungan vitamin B12 yang berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah loh.

Ow ya, susu juga mengandung magnesium untuk membantu proses pembentukan otot, serta kalium untuk memberikan sistem saraf yang baik. Sempurna bukan?

Sebagai makanan pendamping
Bagi anak, makanan pendamping pelengkap gizi memang penting. Apalagi, beberapa anak terkadang lupa atau malah susah makan. Karenanya, susu bisa diandalkan sebagai makanan pendamping agar anak tetap kuat dan mersa kenyang.

Menghindari obesitas
Tahu gak sih? Kata ahli gizi yang satu ini, seseorang yang meminum susu justru bisa terhindar dari obesitas loh. Keren bukan?

Terhindar dari diabetes tipe 2
Ini juga penting khan Bunda. Dengan minum susu, anak Anda bisa terhindar dari diabetes tipe 2. Susu mengandung kalsium dan magnesium yang mampu mencegah terjadinya diabetes loh. Bunda juga harus ikut minum nih.

Kebutuhan Susu Menurut Usia

Kalau sudah tahu apa manfaat susu, Bunda juga mesti tahu donk, kebutuhan susu menurut usia. Kali ini, tips dari Ahli Gizi Anita akan diberikan secara lebih lengkap alias tak hanya untuk anak. Ini dia informasi kebutuhan susu menurut usia mulai dari bayi sampai orang tua.

Kebutuhan susu untuk balita
Untuk balita, disarankan untuk minum susu sekitar 3 hingga 4 kali / gelas dalam sehari.

Kebutuhan susu untuk anak usia sekolah
Remaja disarankan untuk minum susu 2 kali / gelas per harinya.

Kebutuhan susu untuk remaja
Bagi remaja, lebih baik minum susu sekitar 4 kali / gelas setiap hari.


Kebutuhan susu untuk dewasa dan orang tua
Bagi orang dewasa dan orang tua, setidaknya perlu untuk minum susu 3 kali / gelas setiap hari.

Share

LATEST ARTICLES