-->

Kenali Kandungan Nutrisi dalam Susu

Susu memang jadi sebuah minuman segar yang pastinya pernah diminum oleh setiap orang. Bukankah begitu? Bahkan, bayi yang baru lahir pun hanya menikmati susu untuk bisa bertahan hidup. Begitu lekatnya kehidupan dengan susu membuat si putih ini jadi begitu populer dan jadi favorit banyak orang, terutama anak – anak.

Meski sudah akrab dengan susu, sudah tahukah kamu kandungan nutrisi dalam susu ini? Harus tahu donk. Jangan sampai kamu tak tahu nutrisi dan manfaat apa yang dapat kamu nikmati dari minuman yang sering kamu minum ini ya.

Ini nih kandugan nutrisi dalam susu dan juga manfaatnya yang penting untuk kamu ketahui. Ow ya, informasi ini didapatkan dari dr Suparyanto, M. Kes yang dituliskan di Majalah Nova ya.

Nutrisi dalam Susu

Mineral dalam susu
Susu mengandung mineral yang berperan penting untuk kekuatan struktur tulang, gigi dan kuku. Mineral dalam susu juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap gangguan penyakit. Selain itu, mineral pun berfungsi untuk proses reproduksi pertumbuhan tulang seseorang yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Protein dalam susu
Protein dalam susu berguna untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh, memperkuat sistem daya tahan tubuh, membantu sistem pernafasan, menghasilkan hormon dan enzim serta fungsi protein lain.

Asam amino dalam susu
Susu mengandung asam amino yang tinggi yang dapat berperan aktif dalam membentuk sel – sel baru, memperbaiki jaringan, membentuk antibody atau daya tahan tubuh, serta menyeleraskan enzim dan hormon.

Triptofan dalam susu
Triptofan adalah salah satu kandungan nutrisi dalam susu yang penting untuk merangsang tubuh dalam memproduksi serotonin. Serotonin ini berguna untuk menimbulkan rasa tenang dan rileks, sehingga rasa kantuk pun bisa segera muncul.
Triptofan juga bekerja untuk memacu homon melatonin atau hormon tidur yang bertugas untuk mengatur jadwal istirahat tubuh secara alami.


Vitamin A dalam susu
Vitamin A merupakan salah satu vitamin penting yang diperlukan tubuh  untuk membantu sel agar dapat bereproduksi secara normal. Hal ini diperlukan untuk penglihatan, menjaga kesehatan sel pada berbagai macam struktur mata, serta diperlukan pula untuk fungsi reproduksi normal.

Vitamin B dalam susu
Susu kaya akan vitamin B yang merupakan kelompok vitamin yang larut dalam air. Vitamin B dalam susu penting untuk metabolisme tubuh. Vitamin B yang terdapat dalam susu ini terdiri dari vitamin B1, B2, dan B6.

Vitamin D dalam susu
Kandungan nutrisi dalam susu yakni vitamin D ini termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak. Jenis vitamin ini sangat diperlukan tubuh untuk dapat menjaga kesehatan atau fungsi kinerja organ tubuh selcara menyeluruh.

Zat besi (Fe)
Di dalam susu, juga terdapat kandungan zat besi atau Fe yang merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Penting untuk kamu ketahui, bahwa kalau tubuh kekurangan zat besi, maka bisa menyebabkan anemia gizi atau yang dikenal sebagai penyakit kurang darah.

Laktosa atau Karbohidrat dalam susu
Susu mengandung laktosa yang merupakan karbohidrat utama susu dengan proporsi mencapai 4,6 % dari total susu. Laktosa dalam susu ini merupakan zat makanan yang berguna untuk menyediakan energi bagi tubuh.

Hanya saja, laktosa ini perlu untuk dipecah lagi menjadi glukosa dan galaktosa oleh enzim yang disebut lactase sehingga dapat diserap susu. Enzim lactase ini merupakan enzim usus yang berguna untuk menyerap serta mencerna laktosa dalam usus. 

Keberadaan lactase ini sangat penting karena apabila tubuh kekurangan enzim lactase, maka dapat terjadi gangguan pencernaan saat mengkonsumsi susu.

Lemak dalam susu
Lemak dalam susu mengadung beberapa komponen bioaktif yang berperan dalam mencegah kanker atau yang disebut sebagai anticancer potential. Selain itu, lemak susu mampu menghasilkan asam lemak esensial berupa arachidonic acid (AA). AA ini merupakan asam lemak yang sangat penting bagi pembentukan sel –sel otak.

Jumlah AA dalam susu pun juga sangat mencukupi untuk menjamin pertumbuhan dan kecerdasan anak, sehingga memang penting bagi anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Share

LATEST ARTICLES