-->

Pangkal Ibu Jari Terasa Nyeri? Mungkin Itu Tanda Sindrom De Quervain

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang teramat penting untuk beraktivitas. Ya, termasuk ibu jari. Tapi, bagaimana kalau ibu jari kita bermasalah lantaran terasa sakit? Hmm, pasti sangat bingung dan tentunya tidak nyaman ya? Berbagai aktivitas pun bisa terganggu.

Masalah pada tangan, khususnya pada bagian pergelangan tangan hingga ibu jari ini sebetulnya sering loh dialami orang banyak orang. Hanya saja, banyak juga yang memilih untuk mengabaikan rasa sakitnya dan menahannya.

Rasa sakit di pergelangan tangan, khususnya di wilaya atas pangkal ibu jari ini biasanya sering melanda orang -orang yang banyak bekerja dengan menggunakna ibu jari. Misalnya seperti mengangkat barang berat, mencuci baju, menyetrika, memijat dan lainnya.

Selain itu, ibu hamil dan setelah melahirkan biasanya juga mudah mengalami permasalahan ini. Kalau Anda termasuk orang yang mengalaminya, hmm, mungkin saja Anda juga terkena sindrom De Quervain. Ups, Apa sih sindrom De Quervain itu?


Apa itu Sindrom De Quervain?

Sindrom De Quervain ini adalah kondisi cidera yang menyebabkan terjadinya iritasi atau pembengkakan pada bagian tendo pangkal ibu jari. Cidera ini mengakibatkan rasa nyeri pada ibu jari dan sendi pergelangan tangan sehingga juga mengakibatkan keterbatasan gerakan.

Bagaimana Gejala Sindrom De Quervain?

Penasaran apakah rasa nyeri di pangkal ibu jari yang sering Anda alami ini termasuk sindrom De Quervain? Coba cek apakah gejalanya sama seperti berikut ini :
  • Nyeri di dekat pangkal ibu jari
  • Terjadi pembengkakan di sekitar pangkal ibu jari
  • Ibu jari dan pergelangan tangan susah digerakkan, terutama untuk melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan menggenggam atau menjepit sesuatu.
  • Muncul sensasi tak nyaman pada ibu jari apabila digerakkan


Bagaimana cara meringankan Sindrom De Quervain?

Tenang saja ya kalau Anda mengalami sindrom De Quervain ini. Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankannya kog. Berikut beberapa tips atau cara untuk meringankan sindrom de Quervain yang membuat pangkal ibu jari terasa nyeri.

1. Istirahat
Mengistirahatkan tangan adalah cara paling ampuh untuk mengatasi rasa nyeri di pangkal ibu jari ini. Hanya saja, sepertinya cara ini juga paling sulit untuk dilakukan. Setiap orang selalu saja disibukkan dengan aktivitas harian yang sering menuntut kita untuk menggerakkan ibu jari secara aktif.

Akan tetapi, Anda tetap perlu untuk mengistirahatkan tangan Anda untuk sementara waktu. Anda tak perlu berhenti untuk menggunakan tangan Anda. Caranya, cukup bila Anda mengerjakan sesuatu, istirahatkan tangan Anda setiap 15 menit. Istirahat beberapa menit setiap 15 menit dapat menghindari pemakaian tangan secara terus-menurus.

2. Kompres air hangat dan air dingin
Kompres air hangat dan air dingin ini bisa membantu meredakan nyeri dan pembengkakan yang terjadi di tangan Anda. Caranya, pertama lakukan kompres dengan menggunakan air dingin selama 10 menit. Kemudian, istirahatkan sebentar dang anti dengan kompres air hangat untuk meringankan rasa sakitnya.

3. Gunakan splint
Splint adalah alat pelindung untuk daerah pergelangan tangan serta sebagai alat fiksasi agar tangan tidak banyak bergerak. Saat sedang bekerja, cobalah untuk menggunakannya agar rasa sakit pada bagian pergelangan tangan bisa berkurang.

Alat ini juga dapat membantu saraf yang megngalami pembengkakan untuk dapat beristirahat.

4. Obat, Terapi Fisik, operasi
Ada kalanya, sindrom de Quervain ini menyerang dengan cidera yang cukup serius. Bila cidera atau gejala yang Anda alami sudah lumayan parah atau serius, maka Anda perlu segera menemui dokter untuk mengatasinya.

Pada stadium awal, biasanya dokter akan menyarankan obat anti radang. Obat anti radang ini dapat diminum dan ada juga yang disuntik. Hanya saja, obat ini umumnya bersifat sementara.

Apabila, sindrom ini sudah berlangsung lama dan serius, maka pengobatan lebih lanjut yang perlu dilakukan adalah operasi ringan. Operasi ini hanya berlangsung sekitar 10 menit saja kog, jadi Anda tak perlu menginap di rumah sakit.

Operasi ringan ini dilakukan untuk membuat terowongan pada selaput yang membungkus tendon sehingga dapat memberikan ruang yang lebih luas bagi tendon sehingga tendon dapat bergerak lebih bebas tanpa menimbulkan rasa sakit.

Tips untuk mencegah pangkal ibu jari terasa nyeri

Ada loh cara -cara yang bisa Anda coba untuk mencegah sindrom de Quervain ini. Apa saja ya tips untuk mencegah pangkal ibu jari terasa nyeri ini? Berikut beberapa tipsnya untuk Anda.
  • Hindari memberikan beban yang terlalu berat pada ibu jari. Usahakan untuk menggunakan keseluruhan tangan secara seimbang. Misalnya dengan menutup rapat ibu jari dengan jari telunjuk ketika membawa barang.
  • Lakukan peregangan gerakan jari secara teratur.
  • Jangan melakukan pekerjaan sehari -hari yang menggunakan kekuatan pergelangan tangan dalam jangka waktu lama. Istirahatlah sejenak setiap 15 menit baru dilanjutkan lagi.


Sumber: DetikHealth

Share

LATEST ARTICLES