-->

Bunda, Ini Loh Manfaat Mendongeng Buat Anak

1. Mengembangkan imajinasi anak

Tahukah bunda kalau dunia anak adalah dunia yang penuh dengan imajinasi. Dengan mendongeng, anak bisa semakin hebat dalam berimajinasi. Daya imajinasi anak pun dapat semakin berkembang ke arah positif dengan cara yang seru sekaligus menyenangkan.

2. Meningkatkan kemampuan verbal anak

Kemampuan bahasa adalah hal penting dalam tumbuh kembang bayi loh Bunda. Nah, dengan mendongeng, Bunda bisa mengasah kemampuan bahasa ana. Mendongeng akan membuat otak kanan anak terstimulasi dengan baik.

Dengan demikian, kemampuan verbal anak pun dapat lebih meningkat. Hal ini disebabkan karena kosakata anak menjadi kaya. Ya, hasil dari aneka kata dan kalimat yang ia dengar dari dongeng.

Manfaat Mendongeng Buat Anak

3. Membuat si Kecil Mencintai Buku

Eh, membuat si kecil mencintai buku ini penting loh Bunda. Bunda tahu donk kalau buku adalah jendela dunia. Karenanya, dengan mendongeng, anak Anda kelak bisa lebih mencintai buku.

Buat anak semakin mencintai buku dengan membacakan dongeng. Semakin heboh saat bunda membacakannya, semakin akan merekam bahwa membaca itu adalah kegiatan yang menyenangkan.

4. Mengasah Memori Anak

Anak umumnya akan berusaha mengingat, dan kemudian memahami dongeng yang ia dengar. Hal ini tentu akan membuat memori anak lebih terasah. Lebih baik lagi nih, Bunda bisa meminta si kecil untuk menceritakan kembali kisah dongeng yang telah ia dengar.

Walaupun si anak masih belepotan saat bercerita, hal ini sudah bagus loh. Jadi, tetap berikan pujian yang tulus untuk anak untuk menghargai usahanya.


5. Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak

Dengan mendongen, kecerdasan emosi anak bisa lebih berkembang. Anak-anak juga sering mengalami kebingungan emosi loh. Seringkali, orang tua merasa kesulitan menjelaskannya.

Nah, dari kisah dongeng yang mempunyai keanekaragaman emosi, Bunda bisa emmbantu anak untuk mengenali berbagai perasaan yang ada pada dirinya. Artinya, kecerdasan emosi anak pun bisa berkembang dengan lebih baik.

6. Memberikan Inspirasi pada Anak

Dongeng selalu penuh dengan imajinasi yang seru dan positif. Dengan mendengar dongeng-dongeng dari Bunda, bisa jadi anak anak akan terinspirasi ketika ia menghadapi situasi tertentu.

Cara mendongeng ini juga bisa jadi alternatik seru untuk mengenalkan berbagai proses pemecahan masalah pada anak. Tentunya, dengan cara menyenangkan dan sederhana tanpa berkesan menggurui.

7. Membuat Anak Lebih Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Anak pun bisa leih peka terhadap situasi di sekitarnya. Dengan mendongeng, anak bisa belajar nilai-nilai tertentu. Biasanya, nilai-nilai yang disampaikan lewat mendongeng dapat diterima anak lebih efektif ketimbang Bunda memberikan perintah secara eksplisit.

Nilai-nilai yang Bunda berikan lewat mendongeng inilah yang kemudian bisa menjadi bekal bagi anak saat ia bersosialisasi dengan lingkungannya.


8. Membuat Anak Berrelaksasi

Tahukah Bunda, ternyata mendongeng adalah salah satu bentuk relaksasi bagi anak loh. Tanpa disadari, ketika anak mendengarkan dongeng, ia akan merasa lebih rileks. Hal ini tentu baik buat si kecil bukan?

Mendongeng pun bisa dijadikan sebagai terapi loh. Misalnya untuk mengatasi trauma, kesedihan, dan juga sebagai penghibur di kala si kecil sedang sakit.

9. Mempererat Kedekatan Emosi Orang Tua dengan Anak

Manfaat mendongeng yang satu ini tak kalah penting khan. Dengan mendongeng, hubungan emosi yang tercipta antara orang tua dengan anak bisa lebih dekat. Walaupun Anda cukup sibuk, sediakan saja waktu setidaknya 15 menit per hari.

Manfaatkan waktu 15 menit Anda untuk mendongeng. Ingat untuk fokus saat mendongeng pada anak. Dengan begitu, Anda bisa lebih dekat dengan anak Anda. Eh, jangan berfikir mendongeng itu susah dan berat ya?

Mendongeng itu mudah dan menyenangkan kog. Siapa pun Anda, Anda pasti bisa mendongeng untuk anak Anda sendiri. Ow ya, hal ini tak berlakuk buat Bunda saja loh. Ayah pun juga dianjurkan untuk mengambil peran dalam kegiatan mendongeng ini.


So, sudah tahu manfaat mendongeng buat anak? Tunggu apa lagi.

Share

LATEST ARTICLES