-->

Pencegahan Meningitis, Harus Dimulai dari Sekarang!

Meningitis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa dengan mudah membuat penderitanya mengalami cacat fisik, dan bahkan yang lebih fatal, meningitis bisa merenggut nyawa penderitanya.

Yang lebih gawat lagi dan perlu kamu tahu adalah meningitis adalah penyakit menular. Jadi, tentu kamu harus sangat berhati – hati terhadap penyakit ini. Apalagi, meningitis pun tak hanya menyerang orang dewasa saja. Karenanya, pencegahan miningitis adalah keharusan.

Banyak bahkan anak yang balita yang sudah terserang meningitis, seperti yang dialami oleh Ellie Mae Mellor, seorang bocah dari Inggris yang terserang meningitis ketika usianya masih 1 tahun. Penyakit ini pun dengan garang telah membuat tangan dan kakinya harus diamputasi.

Ada juga Charlotte Nott, gadis kecil dari Inggris yang juga diserang meningitis ketika usianya masih 2 tahun. Charlotte pun terpaksa harus merelakan dua tangan dan dua kakinya menjadi buntung. Bahkan, meningitis pula yang telah merenggut nyawa aktor idola Indonesia, Olga Syahputra.


Bagaimana Meningitis Menular?

Penularan meningitis bisa melalui berbagai cara dan bergantung pada penyebab munculnya meningitis tersebut. Apabila meningitis terjadi karena meningococcus, maka penularannya bsia melalui cairan saluran nafas dari mulut ketika berbicara.

Tapi, apabila meningitis terjadi karena TBC, maka penularan bisa terjadi melalui dahak. Sedangkan bila meningitis terjadi karena herpes simplex,maka penularannya terjadi melalui hubungan atan persentuhan tubuh.

Ada juga meningitis yang disebabkan karena virus yang bisa ditularkan melalui batuk, bersin, ciuman, dan berbagi makanan dengan sendok yang sama serta pemakaian sikat gigi bersama dengan si penderita meningitis.


Bagaimana cara mencegah penularan meningitis?

Begitu bahayanya penyakit meningitis ini, Anda harus selalu waspada dan cegah mulai dari sekarang. Pencegahan meningitis tentu bisa dikakukan. Untuk mencegah penularan meningitis, ikuti tips berikut ini ya.

1. Vaksinasi
Dengan menjalani vaksinasi, hal ini bisa mencegah adanya infeksi bakteri atau virus penyebab meningitis. Vaksinasi ini seperti yang biasa dilakukan pada para calon jemaah haji ketika mereka hendak berangkat ke tanah suci. Umumnya, mereka akan menjalani vaksinasi terlebih dahulu agar terhindar penularan meningitis.

Anda tentu juga bisa menjalani vaksinasi ini agar lebih aman dari resiko tertular meningitis. Konsultasikan pada dokter bagaimana proses menjalani vaksinasi tersebut dengan tepat untuk pencegahan meningitis.

2. Hindari Kontak
Apabila kamu berada di sekitar orang yang menderita meningitis, maka lebih baik kamu menghindari terjadinya kontak langsung atau jenis kontak lain yang memungkinkan terjadinya penularan.
Terlebih, jangan biarkan anak – anak atau bayi berada di sekitar penderita meningitis karena kekebalan tubuhnya yang masih rendah.

3. Biasakan Cuci Tangan
Mulai sekarang, biasakanlah cuci tangan dengan menggunakan sabun, terutama setelah beraktivitas dan sebelum makan. Selain mencegah penularan meningitis, hal ini juga baik untuk kesehatan dan mencegah dari penularan penyakit lain secara umum.

4. Jaga Asupan Gizi
Usahakan agar tubuh kamu selalu fit dengan cara selalu menjaga asupa gizi makanan yang dikonsumsi. Dengan tubuh yang fit, resiko tertular berbagai penyakit, termasuk meningitis akan semakin kecil.

5. Segera Obati bila Sakit
Beberapa penyakit seperti herpes dan TBC dapat berkembang menjadi meningitis. Karenanya, apabila terserang penyakit ini, obati dengan sesegera mungkin agar penyakit tak berkembang menjadi lebih mengerikan.

Selain itu, adanya infeksi telinga tengah, sinusitis dan juga radang paru juga memungkinkan munculnya meningitis. Apabila tidak dilakukan pengobatan secara total terhadpa penyakit ini, maka kuman dapat berkembang dan naik keotak sehingga bisa menyebabkan meningitis.

Bahkan, dalam beberapa kasus infeksi telinga yang sampai mengeluarkan nanah dari telinga tapi tak segera diobati, hal ini pun bisa beruba menjadi meningitis. Jadi, kalau sudah tahu penyebab dan akibat dari meningitis, penting bagi kamu untuk melakukan pencegahan meningitis sejak dini.


Sumber : Majalah Nyata oleh Dr. Li Husein Barnedh SpS

Share

LATEST ARTICLES