-->

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Ketumbar merupakan merupakan salah satu bumbu masak yang sudah akrab di dapur kita. Ketumbar juga disebut sebagai cilantro atau yang dalam bahasa latin disebut juga dengan Coriandrum sativum.

Bentuk ketumbar bulat kecil mirip seperti lada. Hanya saja, kulit ketumbar cenderung lebih kasar dan beruas-ruas. Dari segi ukuran, ketumbar juga cenderung sedikit lebih besar dibandingkan dengan lada.

Untuk keseharian, ketumbar lebih sering digunakan sebagai penyedap masakan seperti abon, opor, gudeg, dan lain sebagainya.  Ketumbar ini memang memiliki banyak peran dalam melezatkan masakan. Bahkan, daun ketumbar juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedap masakan.

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

KANDUNGAN VITAMIN DALAM KETUMBAR

Di dalam biji – bijian berukuran mungil ini, ada kandungan vitamin K yang begitu kaya. Vitamin K dalam ketumbar inilah yang membuat ketumbar sangat baik pula untuk kesehatan.

Vitamin K bagi tubuh berperan besar dalam mendukung pembangunan massa tulang. Jadi, jika Anda mengonsumsi vitamin K secara seimbang dan teratur, maka kesehatan tulang dalam tubuh akan lebih baik.

Selain itu, biji ketumbar juga kaya akan berbagai senyawa dan nutrisi yang penting untuk tubuh. Misalnya saja seperti asam folat, niasin, riboflavin, vitamin A karoten juga vitamin C yang mengambil peran penting sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

Pada bagian daun ketumbar juga terdapat kandungan vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Ketiga jenis vitamin ini bermanfaat untuk mendukung kesehatan rongga mulut.

Masih ada lagi kekayaan gizi dari ketumbar, yakni aneka mineral seperti kalium, kalsium, besi mangan, dan magnesium, yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ketumbar memang kaya akan manfaat, mulai dari buah, biji hingga daunnya.


MANFAAT KESEHATAN PADA KETUMBAR

Manfaat kesehatan ketumbar tentu saja sangat banyak, mengingat kandungan vitamin dan mineral pada ketumbar yang juga begitu kaya. Lantas apa saja ya manfaat ketumbar bagi kesehatan tubuh? Ini dia manfaat ketumbar :
  • Mengatasi masalah kesulitan buang angin (kentut) atau sebagai peluruh kentut (carminative)
  • Membantu memperlancar pencernaan,
  • Membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti mengatasi muntah - muntah, radang lambung, dan keracunan jamur
  • Membantu melancarkan air susu ibu atau sebagai peluruh ASI (lactago),
  • Membantu menambah nafsu makan (stomachica).
  • Membantu menstabilkan tekanan darah tinggi,
  • Membantu mengatasi influenza dan batuk,
  • Membantu melancarkan dan mengurangi nyeri haid.

CARA MENGKONSUMSI KETUMBAR UNTUK KESEHATAN

Ketumbar bisa dikonsumsi sebagai pengobatan dalam maupun luar. Ketumbar untuk pengobatan dalam dapat dilakukan dengan cara merebus ketumbar bersama dengan beberapa bahan lain seperti jenis rempah - rempah yang juga berkhasiat untuk kesehatan. Air rebusan ketumbar ini lalu disaring kemudian diminum.

Sebagai pengobatan luar, ketumbar dapat dihaluskan terlebih dahulu, lalu bubuk ketumbar dicampur dengan air dan bahan lain. Ramuan ketumbar ini bisa ditempelkan pada bagian yang sakit.


Pengobatan untuk bagian luar ini bisa dilakukan untuk membantu mengatasi perut kembung dan sakit kepala.

Share

LATEST ARTICLES