-->

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Cuka adalah salah satu bumbu yang sering menghiasi dapur. Rasa cuka yang asam terasa begitu khas dan menyegarkan. Karenanya, cuka pun sering digunakan sebagai bahan penyegar dalam beragam sajian.

Salah satu jenis cuka yang juga banyak dimanfaatkan adalah cuka sari apel. Cuka sari apel ini merupakan produk yang benar – benar alami karena terbuat dari jus apel yang difermentasikan. Jenis cuka sari apel ini berbeda dengan cuka putih yang biasa digunakan di dapur.

Meski sama – sama cuka, tapi cuka apel tidak bisa digunakan sebagai pengganti cuka putih dalam sajian sehari – hari. Tapi, hal ini bukan berarti kalau cuka apel tak ada manfaatnya ya. Cuka apel pun punya banyak khasiat jitu bagi kesehatan loh.

Mau tau apa saja manfaat cuka apel untuk kesehatan? Ini dia ada beberapa info penting tentang manfaat cuka apel bagi kesehatan yang disadur dari Majalah Nyata.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Cuka apel untuk perawatan rambut

Cuka apel ternyata bisa juga digunakan untuk merawat kesehatan rambut loh. Cuka apel ini dapat membuat rambut kamu lebibh sehat dan bercahaya. Cara menggunakannya cukup sederhana. Campurkan cuka apel bersama dengan air dingin.

Campuran ini bisa kamu gunakan sebagaimana kamu menggunakan kondisioner biasa setelah selesai keramas. Jadi, setelah keramas, ketika rambut masih dalam kondisi basah, olesi rambut dengan campuran cuka apel ini, lalu diamkan sejenak. Setelah itu, bilas lagi dengan air bersih.

Perawatan rambut dengan cuka apel ini bisa kamu lakukan 3 kali seminggu. Jika dilakukan secara rutin. Niscaya rambut kamu pun bisa lebih bercahaya dan tentunya lebih sehat.


Cuka apel untuk melemaskan otot kaku

Nah, kalau tangan dan kaki kamu terasa lelah dan bahkan bengkak setelah berjalan – jalan atau melakukan aneka kegiatan lain yang melelahkan, kamu bisa nih menggunakan cuka apel untuk mengatasinya.

Caranya cukup gosokkan cuka apel ini ke kaki dan tangan yang terasa pegal. Sambil digosok, sambil diurut dan pijat perlahan agar otot – otot pun bisa kembali lemas dan aktivitas selanjutnya juga bisa lancar.

Cuka apel untuk tabir surya

Betul loh, cuka apel ternyata juga bisa jadi tabir surya nih. Jadi, kalau kamu akan berjemur di pantai atau melakukan kegiatan di luar ruangan saat terik matahari sedang menyegat, gunakan saja cuka apel ini.

Caranya, cukup kamu mandi dengan air yang telah diberi campuran cuka apel sebelum beraktivitas. Penambahan air ke dalam bak mandi ini cukup secangkir saja. Lalu, berendam sekitar 10 menit dan kulit kamu pun bisa terjada dari ganasnya sinar matahari yang menyengat.

Cuka apel untuk obat kumur

Cuka apel bisa juga dimanfaatkan sebagai obat kumur loh. Dengan berkumur menggunakan cuka apel, nafas kamu bisa terasa lebih segar. Efek lain yang ditimbulkan dari kumur – kumur dengan cuka apel ini juga termasuk membuat warna gigi lebih putih.

Cuka apel mempunyai kandungan zat yang efektif untuk membantu menghilangkan noda bekas makanan yang tertinggal dan mengendap di gigi loh.

Cuka apel untuk perawatan wajah

Bagi yang ingin merawat wajah dengan cara praktis, gunakan saja cuka apel. Cuka apel memiliki efek menetralkan pH di kulit wajah kamu. Cara penggunaannya cukup dengan mengencerkan cuka sari apel ini dengan dua bagian air. Kemudian, kuaskan di seluruh bagian wajah dan leher sebagai toner.

Pengolesan ini bisa dilakukan di malam hari setelah wajah dicuci bersih. Campuran cuka apel ini bisa membantu kamu menyamarkan bintik – bintik dan kerutan di wajah loh. Ditambah lagi cuka apel juga memiliki efek mencerahkan kulit wajah bila digunakan secara teratur dan rutin.

Cuka apel untuk detox

Cuka apel bisa digunakan sebagai detox atau penghilang racun denganc ara menambahkan dua sendok makan cuka sari apel ke dalam 1 liter air putih yang kamu minum setiap hari.

Cairan ini bisa diminum sepanjang hari guna membantu kamu membersihkan tubuh dan juga ginjal dari kotoran serta lemak yang membahayakan kesehatan.


Cuka apel untuk menjaga berat badan

Nah, satu lagi manfaat jitu dari cuka apel adalah untuk menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan kamu bisa tetap stabil bila kamu meminum air putih yang dicampur dengan cuka apel. Perbandingannya, 2 sendok teh cuka apel untuk 1 liter air putih.

Cairan ini bisa diminum secara rutin setiap hari. Dengan meminum larutan cuka sari apel ini, berat badan kamu bisa lebih stabil. Selain itu, campuran ini juga membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh kamu. Jadi, tubuh kamu pun akan terasa lebih segar dan ringan.

Share

LATEST ARTICLES