-->

Khasiat Madu untuk Merawat Kulit

Kulit yang tampak sempurna tentu jadi dambaan setiap orang, terutama para wanita yang sangat peduli akan penampilan. Apa kamu juga begitu? Memang, seringkali tolok ukur kecantikan seseorang ditempatkan pada bagaimana kondisi kulitnya, apakah cerah, bersih, mulus dan lembab?

Kalau sudah cerah, bersih, mulus, lembab dan tanpa gangguan kulit apa pun, maka kulitnya pun bisa dikatakan tampak sempurna alias begitu menawan. Sayangnya, tak setiap orang bisa mendapatkan kulit sempurna dengan mudah.

Penyebab masalah kulit

Aktivitas harian yang padat, seringkali membuat kita lupa untuk memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan cukup untuk kesehatan kulit. Padahal, perawatan kulit dari dalam tubuh juga merupakan hal penting untuk membantu kulit bisa beregenerasi dengan baik serta lembab dengan alami.

Khasiat Madu untuk Merawat Kulit

Terlebih, aktivitas di luaran yang penuh dengan radikal bebas, polusi juga sinar matahari, juga semakin menambah berat beban kulit kita untuk harus beregenerasi. Wah, gawat bukan kalau kita terus – terusan lupa memenuhi asupan nutrisi kulit dari dalam, sementara dari luar, kulit terus digempur dengan aneka masalah radikal bebas?

Karenanya, kulit pun bisa tampak kering, kusam, tak bercahaya, tak sehat, iritasi dan dihinggapi aneka masalah kulit lainnya. Kalau sudah begitu, Anda akan perlu solusi ekstra untuk mengembalikan kondisi kulit jadi sehat dan segar kembali, salah satunya dengan mengambil khasiat madu yang hebat.

Khasiat Madu untuk Kesehatan Kulit

Nah, salah satu solusi hebat untuk kulit yang bisa Anda pilih adalah madu. Madu merupakan bahan alami yang dikenal ampuh untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit kita. Lantas, sudah tahukah kamu apa saja manfaat madu untuk kesehatan kulit sekaligus untuk kecantikan kulit kamu?

Ada banyak khasiat madu bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Yang pertama, madu mampu membantu mengangkat sel – sel kulit mati sehingga kulit kusam, rusak dan kering bisa segera luruh.

Kedua, madu juga berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan sel – sel kulit baru yang lebih sehat. Itu artinya, sel kulit kamu bisa terganti dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Sel kulit baru yang sehat ini biasanya akan tampak lebih cerah, bercahaya dan tidak lagi kusam.

Selain itu, madu juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Madu memiliki sifat humektan atau sifat menarik air. Dengan demikian, madu mampu mempertahankan kelembaban alami pada kulit.

Manfaat madu lainnya juga karena sifatnya yang anti bakteri dan anti iritasi. Jadi, madu pun aman dan cocok bagi kamu yang memiliki kulit kering yang cenderung sensitif. Hmm, manfaat yang komplit bukan? Sejuta manfaat kecantikan dalam madu.


Cara merawat kulit menggunakan madu

Cara merawat kulit menggunakan madu bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara pertama bisa dilakukan dengan sangat mudah. Yakni, kamu bisa langsung mengoleskan madu murni ke permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Kalau kamu ingin mencoba cara lain dengan tambahan beberapa bahan lain agar hasilnya lebih efektif, kamu juga bisa mencoba cara berikut ini. Caranya, siapkan dua sendok makan madu, dua sendok makan cocoa butter yang sudah dilelehkan, dan satu tetes minyak lavender.

Lalu, campurkan kesemua bahan ini jadi satu dan aduk hingga merata. Aplikasikan bahan campuran madu ini ke area kulit wajah yang telah dibersihkan secara merata sambil lakukan pijatan perlahan. Biarkan sejenak 10 hingga 15 menit, kemudian kamu bisa segera membersihkannya dengan air hangat.


Cara ini lebih baik dilakukan secara rutin dan teratur agar khasiat madu yang didapat bisa lebih maksimal. Dengan demikian, Anda tak harus menunggu sampai kulit wajah jadi kering dan kusam baru melakukan perawatan. Dengan perawatan rutin dan teratur menggunakan madu ini, kulit wajah dan tubuh pun bisa selalu tampil sehat dan segar alias sempurna.

Share

LATEST ARTICLES