-->

Cara Merawat Wajah dengan Aneka Bahan Alami

Yang namanya wajah memang seolah jadi bagian paling penting untuk menunjang penampilan seseorang. Terlebih, wajah juga seolah jadi aset berharga bagi seorang wanita. Dengan wajah yang bersih, sehat dan cerah, seorang wanita bisa tampak lebih percaya diri dan seolah bisa melakukan apa pun. Apa kamu juga begitu?

Karena jadi bagian yang begitu penting, tak heran kalau aneka artikel tentang cara merawat wajah sering jadi jujukan yang paling banyak dicari. Merawat wajah memang tak terlalu sulit. Pada prinsipnya, kamu hanya perlu membersihkan wajah dan memberinya nutrisi.

Tapi, kenapa ya tak sedikit pula yang masih sering mengalami masalah pada kulit wajahnya? Hmm, kalau boleh disimpulkan sih, kebanyakan masalah pada wajah terjadi karena kurangnya rutinitas dalam melakukan perawatan wajah.

Ini nih masalahnya. Banyak orang yang ingin wajah menarik, tapi tak mau rutin merawatnya. Merawat wajah tak cukup hanya seminggu sekali atau malah sebulan sekali di salon kecantikan saja loh. Kamu perlu memberikan perawatan rutin pagi, siang, sore, malam atau bisa dibilang selama 24 jam.


Prinsip utama dalam merawat wajah

Tak perlu merasa ribet. Cara merawat wajah sehari – hari ini cukup mudah kog. Prinsip yang perlu kamu perhatikan hanya ada 4, yakni membersihkan, melindungi, menutrisi, dan yang terpenting rutin.

Bersihkan wajah setiap pagi dan sebelum tidur, atau setiap kali sehabis kamu berkotoran – kotoran di tempat berdebu, atau bahkan lumpur. Jangan biarkan kotoran menempel di wajah terlalu lama. Serta, jangan sekali – kali kamu pergi tidur dalam keadaan wajah kotor ya.

Melindungi wajah, artinya kamu mesi jaga wajah kamu jangan sampai terkena efek buruk dari sinar matahari. Lindungi dengan krim tabir surya, atau bedak yang mengandung SPF. Atau paling sederhana, lindungi juga dengan payung.

Menutrisi wajah juga tak kalah penting. Berikan aneka nutrisi yang diperlukan oleh wajah untuk membantu wajah jadi sehat dan segar. Wajah memang punya kemampuan alami untuk menjadi lembab dan meregenerasi kulit. 

Tapi, tanpa bantuan nutrisi yang kamu berikan, hal ini akan berlangsung lamban dan mungkin tak akan mampu bertahan melawan radikal bebas yang terus menyerang sementara regenerasi yang lama belum juga rampung.

Ketiga hal ini harus dilakukan dengan rutin. Setiap hari, setiap saat. Jadi jangan cuma saat – saat tertentu saja. Semisal mau wisuda, mau kondangan, atau mau ada acara lain yang kamu anggap penting, sementara di hari lain, kamu biarkan wajahmu berkotor- kotoran, tanpa perlindungan dan tak ternutrisi.


Aneka buah untuk merawat wajah sehari - hari

Cara merawat wajah sehari – hari yang penting untuk kamu ketahui adalah masalah nutrisi. Menutrisi kulit wajah akan membantu kulit wajah lebih sehat dan segar setiap saat. Salah satu hal penting untuk memberikan nutrisi wajah adalah minum air putih yang cukup.

Air putih ini akan memberikan dukungan dari dalam tubuh untuk menutrisi kulit wajah agar selalu segar dan lembab. Dengan konsumsi air putih cukup, maka kulit wajah akan terhindar dari resiko kekeringan, kusam atau tak bercahaya.

Selain itu, bantu juga dengan nutrisi dari luar. Ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menutrisi kulit wajah kamu. Beberapa bahan yang paling populer untuk merawat wajah adalah madu, pisang, alpukat, lidah buaya, minyak zaitun, pepaya, dan oat meal.

Madu, oat meal dan pepaya sangat bagus dalam membantu mengangkat sel – sel kulit mati pada wajah, sekaligus untuk merangsang pertumbuhan sel – sel kulit baru yang lebih sehat. 

Dengan terangkatnya sel kulit mati dan berganti dengan sel kulit baru, maka kulitmu pun akan selalu sehat dan terhindar dari masalah kekeringan, flek hitam, jerawat, warna kulit tak rata dan kusam.

Sementara lidah buaya, alpukat, pisang, dan minyak zaitun sangat baik untuk menjaga kelembaban alami kulit kamu, sekaligus juga untuk mencerahkan kulit wajah sehingga wajah kamu pun terhindar dari kusam dan kering.

Cara merawat wajah dengan bahan - bahan alami

Bahan – bahan alami yang telah disebutkan di atas bisa kamu gunakan secara terpisah sebagai masker wajah. Atau bisa juga dicampurkan dengan beberapa paduan untuk membentuk masker.

Madu misalnya, kamu bisa langsung mengoleskannya pada wajah. Oat meal, pisang, alpukat atau pepaya, bisa kamu lembutkan terlebih dahulu kemudian digunakan untuk masker wajah. Umumnya, bahan yang paling fleksibel untuk ditambahkan ke aneka bahan lain adalah madu.

Kamu bisa mencampurkan madu dengan alpukat, pisang atau oatmeal untuk digunakan bersama sebagai masker. Sementara minyak zaitun juga dapat kamu gunakan sebagai campuran untuk berendam dalam air.


Yang terpenting dari proses perawatan ini adalah, pastikan kamu membersihkan dulu wajah kamu sebelum menutrisinya dengan aneka masker ini agar aneka nutrisi ini bisa terserap maksimal dan tidak terhambat oleh kotoran.

Share

LATEST ARTICLES